Menu Tutup

Multi Gas Detector Alat Deteksi Kebocoran pada Gas

Multi Gas Detector

Multi Gas Detector Alat Deteksi Kebocoran pada Gas

Multi Gas Detector Pastinya Anda tidak ingin terjadi hal fatal yang dikarenakan gas elpiji saat terjadi di tempat tinggal atau tempat usaha bukan? Untuk mendeteksi hal tersebut saat ini sudah ada detektor gas yang bisa mendeteksi gas.

Alarm gas merupakan teknologi baru untuk mendeteksi kebocoran pada elpiji. Alarm ini berteknologi tinggi yang mengadopsi dari teknologi sensor di Jepang. Keawetan dan kestabilannya bisa diandalkan.

Cara Pemasangan Detektor Gas

 

Multi Gas Detector sangat cocok digunakan untuk restoran, rumah tangga, hotel, industri, depot, atau pemilik usaha catering. Alat sensor akan membantu untuk menjaga aset Anda selama 24 jam sehari.

Pada industri penggunaan gas merupakan hal yang sangat umum untuk berbagai fungsi. Pemerintah sedang mendorong pemanfaatan gas bumi dalam negeri khususnya dalam perindustrian.

Penggunaan gas bumi yang berasal dari dalam negeri jauh lebih efisien. Tetapi dalam penggunaan gas di industri disertai dengan risiko kebocoran yang bisa membuat kecelakaan kerja. Berikut ini ini cara memasang alarm gas.

Cara pemasangannya sangat mudah, Anda hanya perlu memilih posisi yang tepat sekitar 0,3 meter hingga 1 meter dari lantai. Jarak antara tabung gas dengan sensor kurang lebih 1,5 meter. Gantungkan detektor di dinding dengan paku.

Tetapi Anda harus ingat hindari pemasangan yang terlalu dekat dengan ventilasi seperti jendela, kipas angin, pintu, atau sumber uap. Selanjutnya hubungkan dengan listrik sebesar 220 volt.

  • Alarm gas menggunakan listrik sebesar 220 volt.
  • Lampu indikator berwarna merah dan berkedip selama 2 menit sebelum sensor aktif.
  • Kemudian lampu indikator akan berwarna hijau menyala lalu menunjukkan bahwa sensor sudah aktif.
  • Saat terdeteksi kebocoran lampu indikator akan menyala dan disertai dengan bunyi alarm yang keras (90db).
  • Selanjutnya alarm akan berhenti saat konsentrasi kebocoran sudah berada di bawah ambang batas.
  • Jika lampu indikator pada alarm berwarna kuning menandakan bahwa sensor tidak bekerja. Solusinya Anda hanya perlu mencabut alarm gas dari listrik lalu hubungkan kembali.

Penyebab Kebocoran Gas

Kebocoran LPG biasanya dikarenakan oleh beberapa hal. Berikut ini penyebab dari kebocoran gas.

  • Regulator, tabung, kompor, selang, atau pemanas air rusak.
  • Kualitas regulator, tabung, kompor, selang, dan water heater kurang dari standar.
  • Pemasangan yang tidak sempurna. Misalnya gas elpiji yang dipasang kurang teliti atau dipasang oleh orang yang tidak berpengalaman.
  • Dikarenakan faktor alam. Misalnya selang aus karena terkena panas dan hujan atau digigit tikus.

Manfaat Detektor Gas

Bisa mendeteksi keberadaan gas yang berbahaya misalnya seperti karbondioksida dan gas lain yang berbahaya untuk manusia dan sangat mudah terbakar.

Sebagai pencegah bahaya kebocoran gas. Biasanya dipasang dan disambungkan pada control system. Tujuannya mesin akan berhenti saat pendeteksi gas mendeteksi adanya kebocoran pada suatu tempat.

Terdapat tiga jenis gas yang bisa dideteksi seperti penipisan oksigen gas beracun dan gas yang bisa menyulutkan api.

Selain itu alat pendeteksi bisa disambungkan dengan alarm atau lampu tanda bahaya. Supaya saat dideteksi adanya kebocoran gas semua orang bisa melarikan diri saat mendengar alarm berbunyi.

Bahkan alat pendeteksi ini mampu mendeteksi hidrogen, sulfida, karbon monoksida, hidrokarbon dan yang lainnya.

Untuk Anda yang belum memiliki detektor gas sebaiknya segera membeli. Karena sangat baik untuk keselamatan keluarga atau para pekerja. Apalagi untuk sebuah industri yang harus mengedepankan keselamatan karyawan, sebaiknya sudah menggunakan alat ini sejak awal. Dapatkan kualitas gas detector terbaik hanya di Safety Indonesia Jaya

Keyword: detektor gas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.