Menu Tutup

Distributor Climbing Petzl Jakarta

Perlengkapan Climbing Petzl Jakarta

Distributor Climbing Petzl Jakarta

Jual Alat Climbing Petzl Safety Di Jakarta Pusat Toko Jual Alat Panjat Climbing Glodok Terlengkap

distributor petzl di Jakarta Wall Climbing/ Panjat Dinding ataupun Rock Climbing/ Panjat Tebing merupakan suatu olahraga outdoor yang memerlukan peralatan dan perlengkapan safety climbing yang cukup kompleks. Harga dari peralatan Wall Climbing tersebut bisa dibilang tidak murah hal itu dikarenakan fungsinya yang memang sangat vital yaitu untuk keselamatan penggunanya.

Peralatan wall climbing Perlengkapan Climbing Petzl Jakarta

bisa diperoleh di toko-toko outdoor yang sekarang semakin menjamur keberadaannya dikarenakan semakin populernya jenis olahraga ini. Namun bila kamu belum cukup dana untuk membelinya, terdapat juga beberapa tempat persewaan peralatan panjat tebing ini. Berikut daftar peralatan wall climbing dan fungsinya :

1. Harness

distributor petzl di Jakarta Sebuah alat untuk menopang tubuh. Harness berdasarkan bentuk di bedakan menjadi tiga yaitu sit harness, chest harness, dan full body harness. Ketiga bentuk ini memiliki fungsi yang berbeda pula. Sit harness biasanya digunakan oleh para pemanjat tebing, sedangkan full body harness biasanya di gunakan oleh pekerja bangunan yang berada di ketinggian seperti membersihkan kaca gedung, dan lain-lain. dahulu para pecinta alam menggunakan tali webbing yang diikatkan sedemikian rupa ke tubuh bagian bawah yang di hubungkan oleh carabiner ke tali Karmantel. Namun sekarang ada harness yang lebih praktis yang tinggal pakai.

2. Tali Karmantel

distributor petzl di Jakarta Adalah salah satu peralatan wajib yang harus dimiliki para climber.

Fungsinya untuk melindungi pemanjat dari kecelakaan seperti jatuh ke tanah. Secara umum tali karmantel di bedakan menjadi 2 jenis yaitu elastis dan dinamis. Kedua jenis tali tersebut memiliki kegunaan yang berbeda juga. Tali statis biasanya di gunakan saat rappeling (turun dari ketinggian). Tali statis ini memiliki tingkat kerenggangan sekitar 15%.Sedangkan tali dinamis biasanya digunakan saat menaiki atau memanjat tebing. Tingkat kelenturan tali di namis ini dua kali lipat dari tali statis. Sebuah tali karmantel sanggup menahan beban sebesar 100 kilogram atau lebih.

3. Carabiner

Berfungsi untuk menghubungkan alat yang satu dengan alat yang lain. Carabiner juga di sebut cincin kait yang memang berguna sebagai pengait antar alat. Terbuat dari bahan logam yang sangat kuat. Carabiner atau peralatan climbing lainnya yang terbuat dari logam tidak boleh jatuh ke permukaan yang keras karena bisa menyebabkan keretakan dan tentunya bisa mengancam jiwa pengguna.

4. Ascender

Sebuah peralatan mekanis untuk melintasi sebuah tali saat naik atau memanjat. Sebelum alat ini muncul, para climber biasanya menggunakan tali prusik namun penggunaan tali prusik tersebut lebih rumit dan sulit.Secara fungsi ascender di bagi menjadi 2 jenis yaitu Sprung Cam (Petz Basic dan Croll) dan Cam Loaded (Gibbs Shunt dan Hiebler). Sedangkan berdasarkan bentuk pegangan, ascender terbagi menjadi 2 juga yaitu Heandle Ascender (SRT, Petzl Expedition dan Ascention) dan Non Heandle Ascender (Petzl Basic, Croll, Gibbs Shunt).

Ascender ini juga sering di sebut jumar. Namun sebenarnya jumar adalah merek terkenal sebuah ascender yang berasal dari Swiss.

5. Descender

Kebalikan dari ascender, descender adalah alat yang di gunakan untuk menuruni lintasan tali. Ada 2 jenis descender yaitu descender manual dan otomatis.

6. Figure

di sebut figure 8 karena bentuknya yang seperti angka 8. Alat ini biasanya di gunakan saat rappeling atau pun membiley. Alat ini berfungsi untuk menghambat jalannya tali karmantel saat rappeling. Figure 8 terbuat dari partikel baja sehingga sangat kuat untuk menahan beban berat. Namun seperti carabiner, figure 8 ini tidak boleh jatuh di permukaan yang keras.

7. Webbing

Alat Climbing Ini adalah sebuah tali yang berbentuk pita yang sangat kuat yang memiliki multi fungsi seperti alat tali tubuh, pengganti harness, anchor dan lain-lain. Webbing bisa di peroleh dengan mudah di toko peralatan outdoor.

8. Chalk Bag

Berguna untuk tempat penyimpanan magnesium atau sering di sebut juga tepung anti keringat yang berguna agar tangan si pemanjat tidak basah oleh keringat. Biasanya Chalk bag di letakkan di belakang pinggang.
9. Mailon Rapid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.