Menu Tutup

Apar Pemadam Kebakaran Serta Fungsinya

Apar Pemadam Kebakaran

Berikut Ini Jenis APAR Pemadam Kebakaran Serta Fungsinya

APAR atau kepanjangan dari Alat Pemadam Api Ringan merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengendalikan kebakaran kecil. Alat ini biasanya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan Alat Pemadam Api tingkat tinggi. APAR ini memiliki beberapa jenis. Sebelum membahas tentang apa itu APAR pemadam, sebaiknya Anda harus mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Untuk mencari tahu jenis serta pengertian dari APAR, sebaiknya simak artikel ini sampai selesai.

Jenis-jenis APAR Pemadam dan Fungsinya

Tahukah Anda bahwa APAR merupakan adalah alat yang sangat penting dan wajib ada di setiap rumah, kendaraan, kantor, dan lain-lain? Hal ini dikarenakan APAR adalah alat yang paling penting untuk menjinakan api kecil sebelum membesar.

Sebab jika Anda tidak menyediakan APAR di dalam rumah atau perusahaan, justru akan beresiko besar. Alat pemadam yang sering kali digunakan pada dasarnya memiliki 4 jenis, beberapa diantaranya yaitu:

APAR Karbon Dioksida

Jenis Alat pemadam Api pertama adalah karbon dioksida. Alat pemadam jenis ini memanfaatkan karbon dioksida untuk memadamkan api.

Alat pemadam api jenis karbon dioksida sangat efektif untuk tingkat kebakaran kelas B seperti memadamkan api di sekitar bahan cair yang mudah terbakar dan kelas C memadamkan api yang muncul pada percikan listrik yang bertegangan tinggi.

APAR jenis ini sudah tidak asing di berbagai kantor atau perusahaan

APAR Serbuk Kimia

Alat pemadam serbuk kimia merupakan jenis pemadam yang terbuat dari serbuk kering kimia yang mana merupakan sebuah kombinasi dari sebuah zat mono-amonium dan ammonium sulphate. Serbuk kering ini berguna untuk memisahkan oksigen yang merupakan unsur penting yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

Nantinya pada saat di semprotkan, serbuk tersebut akan menyelimuti api sehingga lama kelamaan api akan padam. APAR pemadam jenis ini tergolong sebagai alat pemadam api serbaguna. Karena alat ini bisa untuk memadamkan api kelas apapun.

Selain itu, alat pemadam jenis ini juga sering kali ada di perusahaan-perusahaan besar untuk mewaspadai adanya kejadian yang tidak diinginkan.

APAR Jenis Busa atau Foam(AFFF) 

Alat pemadam api jenis ini terbuat dari bahan kimia yang apabila disemprotkan akan berubah menjadi busa. Busa yang keluar ini akan menutupi bagian yang terbakar sehingga api akan padam dengan cepat.

Alat pemadam api jenis ini sangat efektif untuk memadamkan api non logam semacam kertas, kain, karet dan lain lain. Tak hanya itu saja, APAR jenis ini juga dapat memadamkan api yang disebabkan oleh bahan-bahan cair seperti minyak, alkohol, bensin, dan jenis bahan cair yang mudah terbakar lainnya.

Sebab seluruh busa akan menutupi oksigen yang merupakan sumber penyebab membesarnya api. Jadi alat ini bisa dimasukan dalam kategori alat yang serbaguna. Selain itu alat ini juga sangat efektif dan cocok untuk dijadikan sebagai safety di rumah atau perusahaan.

Alat Pemadam Api Jenis Air atau Water

APAR jenis air ini merupakan alat yang dihasilkan oleh air dengan tekanan yang tinggi Oleh Karena Itu Alat pemadam jenis ini sangat cocok untuk memadamkan api yang ditimbulkan oleh bahan-bahan padat non logam seperti kertas, kayu plastik, dan lain sebagainya.

Namun alat pemadam api jenis ini sangat berbahaya apabila dipergunakan pada kebakaran yang disebabkan oleh instalasi listrik. Karena dapat menimbulkan korsleting yang bisa memicu api semakin besar.

Perlu Anda ketahui bahwa APAR pemadam ini sangat penting dan juga perlu Anda sediakan di rumah, kantor, atau perusahaan Anda. Hal ini tentunya bertujuan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Segera penuhi semua kebutuhan peralatan Anda di Toko Safety Indonesia Jaya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.